Menjelang akhir pekan, Instagram Jogja Gowes mempunyai cara khusus berinteraksi dengan pengikutnya. Memanfaatkan fitur pertanyaan di story Instagram, admin Jogja Gowes melontarkan pertanyaan terkait destinasi favorit pesepeda di akhir pekan.

Kurun waktu 24 jam, berbagai respon dari pengikut Instagram menanggapi. Ada yang menjawab seriu, namun terselip juga jawaban nyeleneh. Jawaban-jawaban tersebut penulis rangkum menjadi satu, sehingga terbitlah artikel ini.

Ditilik dari Instagram Jogja Gowes, tiap hari mesti ada akun-akun Instagram yang menandai Jogja Gowes selepas bersepeda. Tempat tujuan wisata mereka beragam, ada yang suka blusukan, keliling kota, hingga gowes kuliner. Berikut lima destinasi favorit para pesepeda di Jogja;

Puncak Sosok Bawuran

Destinasi ini melejit kurun waktu dua tahun terakhir. Awalnya, sekitaran Pleret yang lebih dikenal pesepeda adalah jembatan Bawuran. Namun, seiringnya waktu Puncak Sosok Bawuran atau disebut juga dengan Puncak Sosok Itu adalah tujuan bersepeda yang menyenangkan.

Berlokasi di Jambon, Bawuran, Pleret, Puncak Sosok tidak pernah sepi. Tiap pagi hampir dipastikan ramai pengunjung, khususnya pesepeda. Selain itu suasana senja juga menjadi waktu yang menarik untuk menikmati pemandangan di sini.

Warung Ijo Pakem dan Kaliurang

Warjo atau Warung Ijo adalah tempat di mana pesepeda berkumpul, berkenalan, dan menikmati suasana pagi dengan segelas minuman hangat. Warung yang sempat pindah tempat ini terus ramai kedatangan para pesepeda. Umumnya, pesepeda datang ke sini untuk melanjutkan perjalanan menuju destinasi yang lainnya.

Berbagai komunitas biasa saling ketemu di warung ini. Mereka bisa saling sapa, hingga foto bersama. Bagi pesepeda di Jogja, Warjo semacam tujuan yang wajib dikunjungi. Dari sini, kita dapat melihat bagaimana geliat pesepeda di Jogja, khususnya akhir pekan.

Pun dengan Kaliurang, tidak sedikit pesepeda melanjutkan perjalanannya menuju Kaliurang. Berfoto di tugu atau pintu masuk gerbang. Selepas itu membagikan dokumentasinya di grup-grup sepeda yang diikutinya, salah satunya Grup Jogja Gowes.

Klangon

Destinasi ini awalnya identik dengan penggemar downhill. Di sini terdapat jalur untuk olahraga sepeda ekstrim tersebut. Berjalannya waktu, Klangon memikat para pesepeda MTB dan yang lainnya untuk dikunjungi.

Salah satu yang menyebabkan Klangon menjadi destinasi favorit para pesepeda tentu lanskap alam kala cerah. Dari ini kita disuguhi pemandangan Gunung Merapi dengan jelas. Tambahan tulisan “Klangon”, serta rute jalur yang dominan tanjakan menjadi sensasi sendiri bagi pecinta uphill.

Tebing Breksi

Masih terkait jalur yang didominasi tanjakan. Rupanya pesepeda di Jogja memang suka blusukan dengan menikmati jalur menanjak. Tebing Breksi, destinasi yang menggeliat beberapa tahun terakhir masih tetap dijadikan salah satu tujuan pesepeda di Jogja.

Tempat yang dulunya identik dengan truk-truk pengangkut material menjadi destinasi wisata dengan menawarkan spot ala-ala. Bagi pesepeda, jalur ini menyenangkan, terlebih satu jalur ketika mereka ingin melanjutkan ke Candi Ijo.

Tugu Jogja & Keliling Kota

Sebagian pesepeda di Jogja tidak mempunyai waktu yang panjang dalam bersepeda. Opsi yang mereka ambil pastinya bersepeda di sekitaran kota. Tugu Jogja menjadi destinasi pertama, mereka foto di sini sembari menyapa sesama pesepeda yang bersantai.

Biasanya perjalanan lanjut ke Malioboro, dan berhenti di KM Nol. Berfoto di salah satu sudut spot dengan sepeda, dan berlanjut ke tempat yang lain. Ada yang menuju Tamansari, Pasar Ngasem, atau ke Alun-alun Kidul.

Selain jawaban di atas, ada juga destinasi yang lainnya. Banyak juga pesepeda menyebut nama-mana di bawah ini sebagai tujuan wisata bersepeda kala akhir pekan;
1. Persawahan Nanggulan
2. Godean Hill
3. Bandara Baru NYIA
4. Spot Riyadi
5. Candi Prambanan (susur candi)
6. Bendungan Kamijoro, Embung Banjaroya
7. Bibis
8. Gunung Ampon
9. Waduk Sermo
10. Imogiri
11. Mangunan
12. Gua Jepang Pundong
13. Pantai di Gunungkidul
14. Gunung Ireng, dll

Sangat beragam jawabannya, ini membuktikan bahwa ada banyak destinasi wisata tujuan para pesepeda di Jogja. Jangan pernah bingung mencari tujuan sepeda. Jika memang tidak tahu mau ke mana, kalian bisa gowes kuliner. Bersepeda sebentar, lama di warung soto. Salam Gowes!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here