Rasa sakit atau nyeri pada otot seringkali muncul pada beberapa bagian tubuh karena cara bersepeda yang salah. Apa saja penyebab nyeri sendi saat bersepeda?? Agar bisa terhindar dari nyeri sendi saat bersepeda, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui :
1. Nyeri Pada Lutut
Posisi duduk terlalu tinggi menyebabkan sakit pada bagian belakang lutut dan pinggul yang terlalu banyak bergeser sehingga tidak nyaman. Posisi duduk yang terlalu   rendah atau terlalu ke depan menyebabkan sakt lutut bagian depan. Posisi kaki yang salah pada pedal juga menjadi penyebab sakit lutut bagian luar atau dalam. Memakai gir terlalu tinggi juga menjadi penyebabnya. Ukuran normal adalah 70-100 kayuhan per menit dalam kecepatan normal.
2. Nyeri Leher
Penyebab adanya nyeri leher ini bisa dikarenakan memakai sepeda yang berukuran terlalu panjang atau posisi setang terlalu rendah. Otot hamstring dan hip flexor yang terlalu tegang akibat memaksakan tulang belakang melengkung juga dapat menjadi penyebab nyeri leher.
3. Kaki Mati Rasa
Posisi git terlalu tinggi sehingga tekanan kaki lebih besar juga dapat menjadi penyebab kaki mati rasa. Sepatu yang bersol lunak pun juga dapat menjadi penyebab kaki mati rasa maka pilihlah sepatu yang bersol keras.
4. Tangan Mati Rasa
Penyebabnya dikarenakan saat bersepeda tidak memakai sarunf tangan bersepeda. Pilihlah sarung tangan bersepeda dengan pelindung bantalan. Siku yang terlalu lurus atau terkunci juga bisa menjadi penyebabnya. Oastikan siku Anda sedikit ditekuk sehingga berfungsi sebagai peredam goncangan. Anda juga bisa mengubah posisi tangan di setang untuk mengurangi tekanan dan mati rasa.
5. Nyeri Pantat
Jenis sadel dan celana yang tidak sesuai dapat mengakibatkan nyeri pada pantat. Sadel untuk pria umumnya memiliki bagian tengah yang berlubang untuk kenyamanan. Sementara sadel untuk wanita lebih pendek dan lebih lebar untuk mengakomidir bentuk panggul yang lebih lebar. Pakailah celana pendek khusus bersepeda yang baik.
Setelah mengetahui penyebab nyeri otot saat bersepeda, diharapkan Anda dapat lebih berhati-hati dalam melakukan aktivitas ini.
Happy Cycling!. Sumber : www.rodalink.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here