Malioboro kembali bersolek. Tiap sisi jalan sudah terdapat jalur pedestrian. Hal ini menjadi magnet bagi wisatawan yang datang. Tak hanya belanja, wisatawan juga menyempatkan waktu duduk santai berkumpul sembari mengabadikan momen.

Kini, di beberapa salah satu sudut jalan Malioboro terdapat sepeda terparkir rapi. Sepeda dengan warna mencolok bertuliskan Jogjabike. Transportasi ini bisa digunakan oleh wisatawan yang ingin menikmati jalanan Malioboro dan sekitarnya dengan bersepeda.

Deretan sepeda JogjaBike di sepanjang Malioboro

Harapannya, transportasi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bagi yang ingin meminjam sepeda, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Berikut cara meminjam sepeda di Malioboro.

Unduh Aplikasi JogjaBike di Google Play

Calon pengguna sepeda harus mengunduh aplikasi JogjaBike pada Google Play. Kemudian menginstal seperti aplikasi yang lainnya di gawai. Kemudian melakukan pendaftaran dan masuk menggunakan akun yang didaftarkan pada gawai masing-masing. (Sementara keterangan hanya melalui Android)

Buka Perangkat Pindai (Scan)

Langkah selanjutnya, calon pengguna sepeda menyentuh perangkat yang ada di stang sepeda hingga perangkat tersebut menyala. Kemudian muncul QR yang akan dipindai.

Pindai Logo QR dengan Gawai

Pindai kode QR menggunakan aplikasi JogjaBike yang ada di gawai. Untuk membuka kunci sepeda.
Sepeda Siap Dipakai

Jika proses pindai kode QR sudah sukses, secara otomatis sepeda tidak terkunci dan bisa digunakan. Calon pengguna sepeda mengambil sepeda tersebut, lantas sepeda siap digunakan berkeliling.

Kembalikan Sepeda di Shelter Terdekat

Apabila sudah selesai meminjam, hal yang harus dilakukan adalah mengembalikan sepeda pada shelter terdekat. Tiap shelter dijaga petugas dengan menggunakan kaus bertuliskan JogjaBike.

Keberadaan sepeda untuk transportasi di Malioboro ini adalah kerjasama antara Pemkot DIY dengan berbagai instansi seperti Wika, Pertamina, dan yang lainnya. Hal ini terlihat pada bagian belakang sepeda yang bertuliskan nama-nama tersebut.

Petugas JogjaBike yang menjaga shelter

Menurut Mas Eldo, tiap pengguna sepeda dibatasi waktu 5 jam penggunaan. Adapun lokasi-lokasi yang masuk dalam lingkup penggunaan sepeda antara lain Malioboro, Keraton, Tamansari, sampai ke Alun-alun Selatan (Alkid). Sementara ini sepeda yang disediakan sekitar 30 sepeda.

“Kalau pengguna sepeda ingin belanja di toko, mereka bisa menitipkan sepeda ke satpam, mas,” Terang Mas Eldo menjelaskan.

Tentu adanya transportasi sepeda ini menjadi terobosan baik bagi Pemkot DIY. Dari dulu, Jogja identik dengan sepeda. Semoga layanan peminjaman sepeda ini bisa dimanfaatkan para wisatawan yang ingin menikmati Kawasan Malioboro dengan bersepeda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here