Gowes Puasa

June 15 13:01 2015 Print This Article

Bagi goweser sejati, puasa itu mungkin tidak berpengaruh apa-apa terhadap ritual gowes mingguan, namun bagi Goweser abal-abal seperti aku, maka puasa itu membuat aku harus mengubah semua cara bersepeda. Tidak hanya pola makan yang diubah, pola bersepeda juga harus disesuaikan. Sudah tidak ada lagi gowes di terik panas matahari sampai berjam-jam dan tidak ada lagi acara bawa botol minuman saat sedang gowes. Sampai saat ini jadwal gowes puasa memang belum keluar, tapi aku nanti pasti memilih yang waktunya cocok dengan acara puasaku. Gowes Puasa harus tidak mengganggu acara Gowes dan sekaligus tidak mengganggu ibadah puasa.

Kopdar Jogja Gowes

Kopdar Jogja Gowes


Sejak masuk waktu sahur, aku harus sudah mengatur porsi makanku agar tidak terlalu kelaparan saat waktu gowes tiba dan waktu mengayuh sepeda juga kudekatkan dengan waktu berbuka puasa, sehingga saat adzan maghrib berkumandang, aku bisa langsung minum air manis. Mungkin waktu makan akan bergeser sedikit lebih malam, karena biasanya setelah gowes yang kurasakan adalah haus bukan lapar. Seperti juga teman-temanku yang biasanya mengisi waktu berbuka dengan minum minuman yang manis dan sedikit makanan manis, sehingga acara makan besar akan digeser setelah Isya, sedangkan waktu sahur juga akan didekatkan dengan waktu subuh.
Pada waktu bulan puasa nanti datang, maka godaan akan banyak berdatangan. Yang paling banyak adalah godaan berbuka puasa tanpa diiringi sholat jamaah Isya. Biasanya acara semacam ini akan dilakukan di tempat mewah dan begitu selesai sholat maghrib, ruangan berubah menjadi ruangan makan di segala sisi dan sudutnya. Ini godaan yang berat, karena makanan yang disajikan sangat mengundang selera dan yang datang biasanya riuh banget.
Kopdar Jogja Gowes

Kopdar Jogja Gowes


Yang paling menarik, tapi sulit dilakukan, adalah Sahur on the ROAD, acara ini sering kudengar beritanya tetapi belum pernah kuikuti. Semoga tahun ini aku bisa bergabung dengan mereka yang melaksanakan acara Sahur on the ROAD. Yang biasa kuikuti saat gowes puasa adalah gowes menjelang berbuka puasa, baik di restoran maupun di rumah pribadi. Aku biasanya memilih acara buka bersama yang ada acara sholat jamaah tarwikhnya, sehingga tidak perlu sholat tarwikh sendirian di rumah.
Sweeper Jogja Gowes

Sweeper Jogja Gowes


Komunitas Gowes Jogja yang baru terbentuk beberapa bulan lalu, nampaknya akan mengadakan acara yang menarik untuk bulan puasa ini. Berbagai komunitas yang mewakili jenis sepeda, jenis pesepeda maupun usia para pesepeda akan bergabung bersama untuk mengikuti acara gowes puasa. Tentu akan sangat menarik kalau para goweser membawa perlengkapan unggulan masing-masing. Mas Pambuka Adi, spesialis Go Pro dari komunitas S3Gama, meskipun non muslim nampaknya bisa diharapkan partisipasinya untuk merekam acara Jogja Gowes, demikian juga beberapa goweser yang dari facebook masing-masing terlihat sangat menggemari acara narsis berjamaah dengan camera masing-masing.
Kita tunggu saja masukan dari anggota Jogja Gowes untuk pelaksanaan bersepeda di bulan puasa. Untuk bulan selanjutnya, pasti akan digagas juga acara gowes lebaran, yang tentunya lebih meriah karena pesertanya yang lebih beragam. Silahkan memberi masukan agar acara bisa dibuat dari kita, untuk kita dan oleh kita 🙂
Salam gowes buat semuanya, yuk kita buktikan Jogja Kota Sepeda yang tak pernah berhenti nyaman !
Kopdar Jogja Gowes

Kopdar Jogja Gowes

  Article "tagged" as:
  Categories:
view more articles

About Article Author

eko eshape
eko eshape

View More Articles
write a comment

0 Comments

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Add a Comment