Boekit BNI Imogiri

June 01 04:40 2015 Print This Article

Boekit BNI merupakan salah satu destinasi goweser khususnya mereka yang menyukai tanjakan atau uphill. Lokasi nya tidak jauh dari Jogja di daerah Imogiri, Bantul. Disarankan anda menggunakan sepeda jenis MTB untuk kenyamanan karena melihat medan yang bervariasi.
Dari Pasar Imogiri Baru langsung saja menuju arah makan raja-raja imogiri, setelah sampai Polsek Imogiri perhatikan penunjuk arah, silakan ambil ke arah Mangunan. Dari sini sudah mulai sedikit nanjak, silakan mengikuti jalanan ini sampai ada pertigaan kalau ke kiri arah Mangunan nah kita ambil yang arah kanan.  Sebenarnya kalau kita akan ke Jembatan Gantung siluk bisa melewati jalan ini dan tanjakannya pun tidak kalah menarik bagi penyuka uphill, setelah menyusuri jalan tersebut akan ada tanda arah ke Boekit Hijau BNI lagi di sebuah pertigaan, nah kita ambil yang kiri.
Ingin tahu sejarah kenapa nama bukit ini dinamakan Boekit BNI silahkan baca tulisan berikut.
Di desa Karang Tengah, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta masih banyak terdapat perbukitan tandus, yang termasuk lahan krisis. Keadaan tersebut sangatlah memprihatinkan, karena lahan yang cukup luas itu tidak dapat dimanfaatkan masyarakat.
Melihat kondisi tersebut, banyak pihak yang berupaya menghijaukan bukit. Salah satu lembaga yang tergerak untuk melaksanakan penghijauan tersebut adalah Yayasan Royal Silk (Yarsik) yang dipimpin oleh GKR Pembayun, putri sulung Sri Sultan Hamengkubuwono X. Tujuan utama program penghijauan tersebut adalah menyelamatkan lingkungan perbukitan tersebut sekaligus mengangkat derajat ekonomi masyarakat sekitarnya. Saat ini kondisi lahan perbukitan tersebut mulai menghijau yang berdampak positif yaitu mampu mengangkat derajat kehidupan masyarakat sekitar.
Untuk lebih mempercepat proses penghijauan, Yarsik bekerja sama dengan Bank BNI untuk merintis dan mengembangkan penghijauan di daerah Imogiri. Kegiatan ini telah dimulai bulan Noveber 2009 yang lalu. Bank BNI memberikan perhatian besar terhadap penyelamatan lingkungan dan mendukung gerakan dunia dalam mengatasi pemanasan global. Maka dipilihlah kawasan Bukit Watu Wedok, Watu Amben, dan Watu Gedheg di kecamatan Imogiri sebagai kawasan yang akan dihijaukan melalui program Bukit Hijau BNI.
Kawasan bukit Watu Amben dan Watu Gedheg akan dihijaukan dengan tanaman jambu mete juga sekaligus sebagai lahan pengembangan sutra. Adapun kawasan Watu Wedok akan dihijaukan dengan tanaman langka sawo kecik dan jambu mawar. Kegiatan ini dapat menyelamatkan kedua tanaman yang hampir punah tersebut sekaligus menyelamatkan satwa langka khususnya kawanan kera dengan memberinya sumber makanan.
Menurut rencana Bukit Hijau BNI akan menghijaukan kawasan seluas 15 ha, yang pelaksanaan tahap pertamanya direalisasikan seluas 7 ha. Dengan rencana tersebut Bukit Hijau BNI berharap ketiga perbukitan tersebut akan kembali hijau sekaligus dapat menjadi penopang ekonomi masyarakat sekitar.

Foto : Sidi Pras

  Article "tagged" as:
  Categories:
view more articles

About Article Author

yuda putra
yuda putra

View More Articles
write a comment

0 Comments

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Add a Comment