Jogja Gowes – Gelaran sepeda yang bertajuk “Jogja Heritage Trail 2019” berlangsung pada hari minggu (20/10). Titik start di Kantor Dinas Pariwisata DIY dan berakhir di Kawasan destinasi wisata Tebing Breksi.

Guna menggaet peserta dari berbagai daerah, Dinpar DIY menggandeng Jogja Gowes dalam penyelenggaraannya. Pemilihan rute diselaraskan dengan tema yang sudah disepakati. Sehingga pesepeda tidak hanya bersepeda, tapi juga menikmati jalur yang melintasi Kawasan heritage seperti area Candi Prambanan dan Candi Ijo.

Sambutan di Dinpar DIY sebelum pelepasan peserta Heritage Trail 2019

Peserta yang mengikuti acara Jogja Heritage Trail 2019 ini tersebar dari berbagai daerah. Solo, Boyolali, Klaten, Jakarta, Semarang, Pacitan, Kudus, dan ada juga peserta Bangka. Meski begitu, sebagian besar peserta tetap dari DI. Yogyakarta yang tersebar di Sleman, Bantul, Kota Yogyakarta, Kulon Progo, dan Gunungkidul.

Pemilihan rute sepeda ini cukup menantang, sehingga sedari awal pihak penyelenggara menginformasikan jika harus menggunakan sepeda jenis tertentu agar nyaman. Rute penuh tanjakan dengan pemandangan pepohonan yang meranggas menjadi spot unik untuk berfoto.

Setiap peserta patuh dengan arahan RC dan Marshal yang bertugas di lapangan. Mereka diimbau agar mementingkan keselamatan, menikmati selama perjalanan, dan tentunya diperbolehkan mengambil foto selama sedang tidak mengayuh sepeda.

Rute di sekitaran Candi Prambanan
Foto bersama selepas tanjakan
Foto bersama selepas tanjakan

Sesampai di finish, terdapat perfom line dancing dan juga live music. Peserta Jogja Heritage Trail dijamu dengan sarapan dan pembagian hadiah. Terdapat hadiah berupa sepeda, laptop, gawai, dan beberapa hadiah yang menarik lainnya. Terima kasih kepada para sponsor yang sudah memberikan kontribusi berupa barang di sini.

Respon positif dari berbagai peserta tampak terlihat dengan banyaknya komentar dan foto-foto yang mereka unggah di media sosial. Hal ini menjadi pemantik Dinpar DIY dan semua pihak-pihak yang terkait untuk kembali menyelenggarakan event agar destinasi wisata di Yogyakarta tersebar melalu banyak media, termasuk media sosial.

Foto bersama dengan peserta yang mendapatkan sepeda

Komunitas Jogja Gowes pun mengucapkan terima kasih kepada Dinpar DIY atas kepercayaannya untuk menjadi bagian dari penyelenggaraan Gowes Heritage Trail 2019. Terima kasih juga untuk semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu sehingga gelaran ini berjalan dengan lancar.

Bagi yang ingin melihat dokumentasi foto selama gelaran Jogja Heritage Trail 2019, kalian bisa mengaksesnya di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here